KEAGENAN DALAM MENANGANI IZIN OLAH GERAK TUG BOAT/BARGE DI PELABUHAN PADA PT. MARINDO SUKSES BERSAMA BATAM

Authors

  • Lilis Lilis Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan
  • Trimarjono Manurung Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.54196/jme.v6i2.148

Keywords:

Agen, olah gerak, dan tug boat

Abstract

PT. Marindo Sukses Bersama Batam adalah perusahaan yang bergerak di dalam bidang keagenan yang melayani pelayaran proses internasional maupun pelayaran lokal. Dalam arti perwakilan dari ship owner/ principle untuk pengurusan dokomen – dokumen dan kebutuhan-kebutuhan kapal di dalam pelabuhan. Agen merupakan yang melaksanakan pengurusan dokumen kapal kepada instansi pemerintah maupun swasta agar kapal dapat berlayar dan bersandar melakukan kegiatan disuatu pelabuhan. Selain PT.Marindo Sukses Bersama Batam juga melaksanakan izin olah gerak yang terlibat antara lain, yaitu Syahbandar, Bea Cukai, Imigrasi, Kepanduan dan BP laut Batam. Dalam pelaksanaan pengurusan izin olah gerak harus dilakukan dengan cepat dan tepat supaya terhindar dari keterlambatan perjanjian yang telah di buat maka untuk mengatasi masalah itu dibutuhkan hubungan yang baik dengan instansi – instansi yang terkait di pelabuhan. Dalam mencapai tujuan agen harus aktif dalam bekerja, mengurus dan menangani kebutuhan kapal sehingga penguna jasa tidak mengalami kerugian atas keterlambatan olah gerak kapal dan keberangkatan kapal atas waktu yang telah disepakati. Dalam hal ini PT. Marindo Sukses Bersama Batam harus bisa mengatasi dan berusaha meningkatkan pelayanannya.Selain itu manajemen juga harus bisa mengambil kebijakan – kebijakan yang tepat untuk kinerja pelabuhan Batam dapat ditingkatkan sehingga kegiatan pelabuhan dapat bekerja secara efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Lilis, L., & Manurung, T. . (2024). KEAGENAN DALAM MENANGANI IZIN OLAH GERAK TUG BOAT/BARGE DI PELABUHAN PADA PT. MARINDO SUKSES BERSAMA BATAM. Journal of Maritime and Education (JME), 6(2), 685 - 690. https://doi.org/10.54196/jme.v6i2.148

Most read articles by the same author(s)