PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA MELALUI PENGGUNAAN KBBI DARING PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BERASTAGI

Authors

  • Meriah Kita Deliani Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan
  • Yefta Vianus Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan
  • Dafid Ginting Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.54196/jme.v4i2.90

Keywords:

KBBI Daring, Keterampilan Berbahasa, Edukasi

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilakukan berupa edukasi kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan berbahasa melalui penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia daring atau KBBI Daring yang dikembangkan dan dikelola oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. Manfaat yang didapatkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain dapat menambah keterampilan berbahasa siswa, baik dalam keterampilan membaca, menyimak, menulis, dan berbicara melalui penggunaan KBBI Daring, serta dapat meningkatkan kemampuan siswa berliterasi. Sasaran dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa-siswi kelas XI. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan cara memberi edukasi tentang keterampilan berbahasa dalam bahasa Indonesia dan memberikan pemahaman tentang penggunaan KBBI Daring dalam meningkatkan keterampilan berbahasa sesuai dengan materi ajar dalam silabus mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah edukasi dan pelatihan . Indikator keberhasilan kegiatan ini dilihat dari respon positif peserta melalui pengisian kuesioner daring terkait dengan kegiatan yang telah diikuti. Luaran yang dihasilkan adalah kemampuan peserta dalam memahami keterampilan berbahasa dan penggunaan KBBI Daring berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-14

How to Cite

Kita Deliani, M. ., Vianus , Y. ., & Ginting, D. . (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA MELALUI PENGGUNAAN KBBI DARING PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BERASTAGI. Journal of Maritime and Education (JME), 4(2), 429 - 435. https://doi.org/10.54196/jme.v4i2.90

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>