TATA CARA PELAYANAN KAPAL DI PELABUHAN PADA PT. ADMIRAL LINES CABANG PANJANG BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Cito Cito Politeknik Adiguna Maritim Medan
  • Satti P. Sianturi Politeknik Adiguna Maritim Medan

DOI:

https://doi.org/10.54196/jme.v3i1.37

Keywords:

Tata cara pelayanan kapal, Crew kapal, PT.Eka Nusantara Cabang Belawan

Abstract

Abstrak. PT.Admiral Lines Cabang Panjang Bandar Lampung merupakan Perusahaan Pelayaran yang bergerak dibidang pelayanan jasa keagenan terhadap kapal yang singgah di pelabuhan panjang serta melayani kebutuhan kapal dan kebutuhan Crew Kapal. Untuk mengetahui lebih dekat bagaimana  PT. Admiral Lines Cabang Panjang Bandar Lampung melakukan kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan kebutuhan kapal dan Crew Kapal, Khususnya di Pelabuhan Panjang. Dalam hal ini Pelayanan Kebutuhan kapal dilaksanakan oleh bagian operasional, maka Peranan PT. Admiral Lines Cabang Panjang Bandar Lampung sebagai suatu Perusahaan Pelayaran yang melakukan pelayanan kebutuhan kapal dan kebutuhan Crew Kapal tersebut sangatlah besar. Dan disamping Pelayanan Kapal tersebut Sedikit banyak mengalami masalah dan kendala, baik masalah eksternal atau dari luar maupun masalah internal atau dari dalam, salah satu factor penyebabnya adalah kurangnya fasilitas dermaga yang tersedia di Pelabuhan Panjang, sehingga mengakibatkan kapal – kapal yang akan merapat di dermaga harus menunggu (Labuh) selama berjam – jam bahkan berhari – hari, untuk mendapatkan fasilitas tempat sandar. Untuk menunjang kelancaran pelayanan terhadap kapal seperti yang diharapkan, maka diperlukan langkah – langkah yang tepat. Dalam hal ini PT. Admiral Lines Cabang Panjang Bandar Lampung harus senantiasa berusaha  meningkatkan mutu pelayanannya baik untuk Kapal bendera Indonesia maupun kapal Bendera Asing. Selain itu manajemen pelabuhan harus mengambil kebijakan – kebijakan yang tepat agar kenerja pelabuhan Panjang dapat di tingkatkan sehingga kegiatan dalam melayani kapal di pelabuhan dapat berjalan secara efisien dan efektif. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini, penulis memperoleh data berdasarkan kegiatan yang dilakukan di lapangan dan analisa pustaka berupa penelitian yang di lakukan, data yang bersifat teoritis bersumber dari buku – buku yang berkenaan dengan pokok bahasan yang diambil.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Cito, C., & P. Sianturi, S. (2021). TATA CARA PELAYANAN KAPAL DI PELABUHAN PADA PT. ADMIRAL LINES CABANG PANJANG BANDAR LAMPUNG. Journal of Maritime and Education (JME), 3(1), 194-201. https://doi.org/10.54196/jme.v3i1.37