PERANAN AGEN DALAM PERMINTAAN JASA PANDU KAPAL PADA PT. ADMIRAL LINES CABANG BELAWAN

Authors

  • Taruna Taruna Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan
  • Irma Handayani Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan
  • Crisfandi Pasaribu Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.54196/jme.v6i2.151

Keywords:

Agen, Jasa Pandu, Kapal

Abstract

PT. Admiral Lines Cabang Belawan adalah perusahaan yang berperan di bidang keagenan kapal, yang dimana dalam menjalankan usahanya juga memerlukan kapal sebagai alat transportasi pengangkut. Pelabuhan Bandar Deli Belawan merupakan pelabuhan dengan wajib melakukan jasa pandu kapal. Perairan wajib pandu adalah wilayah perairan yang karena kondisi perairannya mewajibkan pemanduan kapal yang akan sandar di pelabuhan sampai bergerak untuk berlayar. Sehingga PT. Admiral Lines Cabang Belawan menggunakan pelayanan jasa pandu dengan mengacu pada keputusan Peraturan Perundang-undangan Pelayaran No. 17 tahun 2008 Pasal 1 bahwa perairan wajib pandu adalah wilayah perairan yang karena kondisi perairannya mewajibkan di lakukan pemanduan kepada kapal yang melayarinnya. Pandu adalah pelaut yang mempunyai keahlian di bidang nautika yang telah memenuhi persyaratan untuk melaksanakan pemanduan kapal. Pelayanan jasa pandu kapal, yaitu kegiatan pandu dalam membantu nahkoda kapal, agar navigasi dapat dilaksanakan selamat, tertib dan lancar dengan memberikan informasi tentang keadaan perairan setempat yang terpenting untuk keselamatan kapal, penumpang dan muatanya sewaktu memasuki alur pelayaran. Personel pandu merupakan orang yang terdidik dan terlatih untuk mengenal kondisi dan karakteristik suatu pelabuhan yang meliputi angin, arus, gelombang, perambuan serta bahaya navigasi yang terdapat di sekitar pelabuhan. Personel pandu akan membantu nakhoda dalam memberikan nasihat (advisor) serta petunjuk dalam melakukan peroses penyandaran maupun keberangkatan kapal tanpa mengurangi tanggung jawab serta wewenang nakhoda sebagai pimpinan tertinggi di atas kapal untuk kelancaran penyandaran kapal maupun keberangkatan kapal yang akan berlayar ke pelabuhan berikutnya. Adapun sistem penanganan makalah ini dengan menggunakan riset lapangan (field Research) dan metode perpustakaan (library research).

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Taruna, T., Handayani , I. ., & Pasaribu, C. . (2024). PERANAN AGEN DALAM PERMINTAAN JASA PANDU KAPAL PADA PT. ADMIRAL LINES CABANG BELAWAN. Journal of Maritime and Education (JME), 6(2), 703-708. https://doi.org/10.54196/jme.v6i2.151

Most read articles by the same author(s)